Memperbaiki TV Polytron U-slim Type MAX 52UV83 yang Mati Proteck dan LED Berkedip-Kedip

Daftar Isi
Memperbaiki TV Polytron U-slim Type MAX 52UV83 yang Mati Proteck dan LED Berkedip-Kedip

Memperbaiki TV Polytron U-slim Type MAX 52UV83 yang Mati Proteck dan LED Berkedip-Kedip

 Cerita menarik dari pengalaman saya kemarin pagi ketika saya harus melakukan service pada TV Polytron U-slim type MAX 52UV83 dengan kerusakan awal yang cukup menantang. TV ini mengalami masalah dengan LED yang terus menyala dan kondisi proteck yang kedip-kedip. Tentu saja, saya tidak tinggal diam dan segera melakukan langkah-langkah untuk mengatasi masalah tersebut.

Langkah pertama yang saya lakukan adalah melakukan pengecekan komponen-komponen krusial seperti elco menggunakan ESR meter untuk memastikan tidak ada yang kering. Selain itu, saya juga memeriksa dioda yang menuju pin proteck IC dan melakukan pengukuran di IC vertikal. Namun, saat mencoba start, flyback tidak bekerja dengan baik.

Tidak menyerah begitu saja, langkah selanjutnya adalah mencabut salah satu kaki R520 10K. Hasilnya, TV bisa menyala dengan normal, namun tegangan B+180V tidak muncul meskipun seharusnya ada. Setelah melakukan pengukuran dan pemeriksaan lebih lanjut, ternyata ada masalah pada solderan di kaki R520 yang tidak terkoneksi dengan PCB akibat adanya lapisan semacam lotfet atau arpus di atasnya.

Setelah membersihkan dan melakukan solder ulang, saya juga memperbaiki solderan dioda +12V dan -12V pada IC vertikal yang longgar. Tidak lupa, saya juga memasang kembali kaki R520 yang sebelumnya dicabut untuk pengujian. Setelah semua perbaikan dilakukan, TV pun saya coba nyalakan kembali dan hasilnya memuaskan. LED yang sebelumnya berkedip-kedip kini tidak lagi, dan TV dapat menyala dengan normal serta menampilkan gambar dan suara yang jernih.

Dari analisa singkat yang saya lakukan, terdapat beberapa penyebab LED berkedip pada TV ini, di antaranya adalah karena flyback tidak berfungsi, IC vertikal tidak mendapatkan suplai tegangan yang cukup, turunnya kapasitas elco pada tegangan +10-12V, zener 5V6 yang short, transistor A1023 yang terbakar, dan IC TL431/KA431 yang short.

Demikianlah pengalaman saya dalam memperbaiki TV Polytron U-slim type MAX 52UV83 yang mengalami masalah proteck dan LED berkedip. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang memiliki masalah serupa. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, Sobat Elektronik!

Posting Komentar