Daftar Kaki Pin Regulator/Kiprok pada Sepeda Motor Berbagai Merk
Regulator atau kiprok adalah salah satu komponen penting pada sepeda motor. Arus listrik yang dihasilkan dari spul pada sepeda motor umumnya adalah arus bolak-balik atau AC, sehingga diperlukan regulator untuk mengubah arus AC menjadi arus searah atau DC sehingga dapat digunakan untuk mengisi daya aki dan menjalankan sistem kelistrikan pada sepeda motor.
Setiap merk sepeda motor memiliki kaki pin regulator atau kiprok yang berbeda. Untuk membantu Anda yang membutuhkan data kaki pin kiprok dari berbagai merk, berikut ini adalah daftar pin kaki berbagai merk lengkap:
Yamaha
Pin 1: Kabel hitam (massa dan negatif aki)
Pin 2: Kabel putih (dari spul pengisian)
Pin 3: Kabel kuning (ke lampu penerangan)
Pin 4: Kabel merah (ke baterai +)
Honda
Pin 1: Kabel merah (ke baterai +)
Pin 2: Kabel kuning (ke lampu)
Pin 3: Kabel putih (dari spul pengisian)
Pin 4: Kabel hijau (massa dan negatif aki)
Suzuki
Pin 1: Kabel hitam strip putih (massa dan negatif aki)
Pin 2: Kabel putih strip merah (dari spul pengisian)
Pin 3: Kabel kuning strip putih (ke lampu)
Pin 4: Kabel merah (ke baterai +)
Yamaha Old Vixion
Pin 1: Kabel merah (ke baterai +)
Pin 2: Kabel hitam (massa dan negatif aki)
Pin 3: Kabel putih (ke spul)
Pin 4: Kabel putih (ke spul)
Pin 5: Kabel putih (ke spul)
Honda Tiger dan Mega Pro Primus
Pin 1: Kabel merah (ke baterai +)
Pin 2: Kabel hitam (ke kunci kontak, cdi, speedometer, lampu-lampu, dan kelistrikan lainnya)
Pin 3: Kabel hijau (massa dan negatif aki)
Pin 4: Kabel kuning (ke spul)
Pin 5: Kabel kuning (ke spul)
Dengan mengetahui kaki pin regulator atau kiprok pada sepeda motor Anda, maka Anda dapat melakukan perawatan atau penggantian dengan lebih mudah dan akurat. Pastikan juga untuk memperhatikan petunjuk dan aturan penggunaan regulator atau kiprok yang sesuai dengan merk dan tipe sepeda motor Anda agar dapat menjaga kinerja dan keandalan sistem kelistrikan pada sepeda motor.
Posting Komentar