Memperbaiki TV Politron 14'' yang Mati Total dengan Langkah-Langkah Sederhana

Daftar Isi


Hai sobat pembaca setia, kali ini saya ingin berbagi pengalaman menarik dalam memperbaiki TV Politron 14'' yang mengalami masalah layar blank hitam gelap tak ada tampilan sama sekali. Seperti biasa, setiap kali mendapati masalah dengan perangkat elektronik, saya selalu merasa tertantang untuk mencari solusinya sendiri sebelum memutuskan untuk meminta bantuan ahli. Dan kali ini, saya berhasil mengatasi masalah tersebut dengan langkah-langkah sederhana yang ingin saya bagikan kepada kalian.

Pertama-tama, ketika saya menghadapi masalah dengan TV tersebut, langkah pertama yang saya lakukan adalah membuka casing TV untuk memeriksa seluruh komponen-komponennya. Secara fisik, semua komponen terlihat masih dalam kondisi baik dan solderan-solderannya juga terlihat rapi tanpa adanya retakan yang mencurigakan.

Setelah memastikan secara fisik tidak ada kejanggalan, langkah selanjutnya yang saya lakukan adalah memeriksa tegangan-tegangan pada soket CRT dan board bagian bawah. Alhamdulillah, tegangan untuk sebagian besar komponen terukur normal, kecuali tegangan 5 Volt yang ternyata tidak terukur sama sekali.

Tidak menyerah begitu saja, saya pun melakukan perburuan untuk mencari sumber masalah tegangan 5 Volt yang hilang. Setelah beberapa saat telusuri, akhirnya saya menemukan transistor T502 dengan nomor C1213 yang putus tanpa tersambung. Ternyata, masalahnya cukup sederhana, transistor tersebut yang tidak berfungsi dengan baik.

Tanpa ragu-ragu, saya langsung mengganti transistor tersebut. Setelah penggantian, saya mencoba menyalakan kembali TV Politron tersebut, dan dengan senang hati mendengar suara "Crackkzzzz" yang menandakan CRT telah bekerja dan tampilan layar pun kembali terlihat. Saya pun memasang antena dan gambar yang ditampilkan di layar terlihat normal dan sempurna.

Dengan rasa syukur yang mendalam, saya mengucapkan terima kasih kepada Yang Kuasa karena telah memberikan petunjuk dalam memperbaiki TV tersebut. Satu pekerjaan yang terasa rumit akhirnya terselesaikan dengan sederhana, hanya dengan melakukan langkah-langkah perbaikan yang tepat.

Itulah kisah singkat saya dalam memperbaiki TV Politron 14'' yang mati total. Semoga pengalaman ini bisa bermanfaat bagi kalian yang mungkin menghadapi masalah serupa. Jangan ragu untuk mencoba melakukan perbaikan sendiri dengan langkah-langkah yang saya bagikan. Siapa tahu, masalah yang terasa rumit bisa terselesaikan dengan sederhana. Terima kasih telah membaca, sampai jumpa pada artikel selanjutnya!

Posting Komentar